7 Cara Mengobati Penyakit Bronkitis

7 Cara Mengobati Penyakit Bronkitis ,- Bronkitis adalah penyakit yang timbul akibat dari peradangan pada lapisan saluran bronkial. Peradangan tersebut menyebabkan banyaknya produksi lendir yang mengakibatkan terjadinya batuk dalam jangka waktu yang cukup lama. Jenis dari penyakit bronkitis terbagi mejadi 2, yakni bronkitis akut dan bonkitis kronis. Bronkitis akut terjadi biasanya disebabkan oleh infeksi saluran pernafasan atau bisa juga karena cuaca yang dingin. Sedangkan bronkitis kronis disebabkan oleh iritasi yang konstan pada tabung bronkial sebagai akibat dari merokok.

Kondisi pada penderita bronkitis akut, dapat membaik dalam beberapa hari, namun batuknya dapat terus berlanjut selama berminggu-minggu. Sementara pada kasus bronkitis kronis sangat diperlukan perhatian medis. Terdapat banyak cara pengobatan tradisional yang alami untuk dapat mengatasi masalah pada penyakit bronkitis, namun sebelum membahas tentang cara pengobatan secara alami, ada baiknya kita mengenali apa sebenarna yang menjadi sebab terjadi bronkitis pada seseorang.

Penyebab Bronkitis

Telah dikatakan diatas bahwa jenis bronkitis ada 2, yakni akut dan kronis. Penyebab kedua jenis bronkitis tersebut berbeda beda.

Bronkitis Akut

Disebabkan oleh infeksi dari virus. Virus penyebab demam dan influenza merupakan faktor yang menjadi penyebab timbulnya bronkitis. Infeksi pada saluran pernafasan atas (ISPA) yang disebabkan oleh debu, menghirup asap, atau uap merupakan beberapa penyebab terjadinya bronkitis akut.

Bronkitis Kronis

Penyebab utama dari bronkitis kronis yang dapat bertahan berbulan-bulan pada penderita adalah akibat rokok. Paparan beberapa polutan di udara juga menjadi penyebab lain dari terjadinya bronkitis kronis pada tubuh seseorang.

Orang orang dengan usia rata-rata diatas 45 tahun yang bekerja di tambang batubara misalnya, atau bekerja di pabrik abses, dan sebagai tukang las, berada pada tingkat risiko tinggi untuk terkena bronkitis.

Gejala Penyakit Bronkitis

Gejala yang umum dijumpai pada penderita bronkitis akut dan kronis adalah : Batuk dengan produksi mucus (lendir) yang berlebih pada saluran pernafasan, rasa tidak nyaman pada bagian rongga dada, mudah lelah, demam ringan. Sementara gejala khusus yang timbul pada penyakit bronkitis akut adalah :

Tahap awal adalah batuk kering, Lendir atau dahak yang berwarna kekuningan atau kehijauan, Mengi setelah batuk (mengi adalah suara yang ditimbulkan ketika udara mengalir melalui saluran nafas yang menyempit)

Gejala khusus pada penderita bronkitis kronis adalah :

Frekuensi batuk yang sering dengan jumlah produksi dahak yang banyak, Kesulitan dalam bernafas, Batuk berlangsung selama 3 bulan atau lebih.

7 Cara Mengobati Penyakit Bronkitis

Terdapat beberapa cara pengobatan secara alami yang dapat dilakukan di rumah yang cukup efektif dalam mengatasi penyakit bronkitis diantaranya :

Menggunakan Bawang Merah

Bawang merah merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang paling mudah ditemukan di rumah dan dapat digunakan untuk mengobati keluhan pada penyakit bronkitis. Bawang merah dapat mengencerkan dahak yang menggumpal dan menyumbat pada saluran pernafasan.

Cara penggunaannya :

  • Dapat langsung memakan 5-6 bawang merah dengan sedikit gula, atau dapat juga dengan menyertakan bawang merah kupas dalam menu sehari-hari pada sayuran/salad. Konsumsi bawang merah secara berkala dengan cara tersebut setiap hari selama kurang lebih 1 minggu, dan akan dapat dirasakan efek dari memakan bawang merah mempermudah seseorang untk membantu mengencerkan dan mengeluarkan dahak pada saluran pernafasan
  • Dengan cara meminum jus bawang merah (menghancurkan sejumlah bawang merah dengan blender) satu hingga dua sendok makan setiap pagi.

Menggunakan Garam Inggris/Epsom

Garam inggris dapat mengobati gejala bronkitis akut dengan cara mencampurnya pada air yang digunakan untuk mandi 2 kali sehari. Caranya yakni :

  • Tambahkan 1 kg garam inggris ke dalam 60 liter air hangat
  • Biarkan garam inggris larut dalam air hangat secara sempurna, dan mandi dengan berendam air hangat yang telah di campur dengan garam inggris tersebut selama kurang lebih 30 menit. Ulangi setiap hari hingga tubuh merasakan adanya perubahan kesehatan.

Menggunakan Biji Wijen

  • Biji wijen dipercaya memiliki kandungan yang efektif untuk membantu dalam mengurangi gejala bronkitis kronis. Biji wijen dapat mengurangi keluhan pada nyeri pada rongga dada yang erat kaitannya dengan penyakit bronkitis. Caranya adalah dengan mencampur setengah sendok teh biji wijen dengan 2 sendok makan air, dan memakan campuran tersebut. Atau bisa juga dengan campuran 1 sendok teh biji rami, 1 sendok teh biji wijen, sedikit garam, dan 1 sendok teh madu murni. Minum ramuan ini setiap malam sebelum tidur.

Menggunakan Jus Jeruk

Jus jeruk juga dapat membantu mengobati gejala bronkitis akut. Kandungan pada jus jeruk yang kaya vitamin dan mineral merupakan obat yang baik untuk mengatasi masalah pada tenggorokan. Minumlah jus jeruk sebanyak yang anda inginkan ketika rasa lapar mulai hinggap pada tubuh. Namun hendaknya anda menghindari memakan makanan padat selama beberapa hari untuk mengurangi gejala bronkitis.

Menggunakan Jahe

Jahe dikenal secara luas di masyarakat kita mampu untuk menyembuhkan penyakit flu, padahal jahe juga sangat baik untuk mengobati bronkitis. Dengan sifat anti inflamasi yang terdapat pada kandungan jahe dapat mengatasi masalah iritasi, peradangan atau pembengkakan yang terjadi pada paru-paru. Teh jahe herbal efektif untuk mengatasi masalah keluhan yang terjadi akibat dari penyakit bronkitis. Caranya cukup mudah, ambil secangkir air mendidih, campur dengan satu sendok teh bubuk jahe kering dan satu sendok teh lada hitam, aduk hingga rata, diamkan hingga suhu tidak terlalu panas (hangat kuku), lalu tambahkan satu sendok teh madu, dan minumlah campuran tersebut 3 kali sehari. Atau dapat juga dengan menggunakan campuran satu sendok teh bubuk jahe kering, satu sendok teh lada hitam, satu sendok teh bubuk cengkeh dicampur ke dalam 1 cangkir air panas, diamkan hingga suhu menurun (hangat kuku) lalu tambahkan satu sendok teh madu atau susu, dan minum sebanyak 3x sehari.

Berkumur Dengan Air Garam

Gejala gejala yang timbul yang berkaitan dengan bronkitis dapat dihentikan dengan berkumur air garam beberapa kali sehari. Hal ini dapat membanu meredakan peradangan yang terjadi di tenggorokan serta mengurangi lendir yang mengental di tenggorokan yang dapat menyebabkan iritasi. Caranya adalah dengan menambahkan satu hingga dua sendok makan garam dapur dengan segelas air hangat, aduk hingga garam larut secara sempurna, dan berkumurlah dengan air garam hangat tersebut 3-5 kali sehari untuk mengurangi iritas dan peradangan yang terjadi di tenggorokan.

Menggunakan Madu

Sebagai antibiotik alami madu merupakan caira yang kaya akan manfaat, termasuk dalam pengobatan terhadap batuk yang merupakan gejala dari penyakit bronkitis. Kandungan anti bakteri dan anti virus pada madu dapat membantu mengatasi masalah pada tenggorokan dan mengurangi terjadinya peradangan di tenggorokan, serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya adalah dengan menambahkan satu sendok teh madu ke dalam minuman teh hangat yang biasa anda konsumsi, aduk hingga tercampur rata, minum sebanyak 3 kali dalam sehari. Dapat juga menambahkan satu sendok teh madu pada segelas air jeruk hangat, aduk hingga tercampur dengan baik dan minum sebanyak 2 kali dalam sehari.

Itulah beberapa cara pengobatan tradisional yang alami yang dapat menjadi solusi mudah dan murah untuk dapat mengatasi masalah pada penderita bronkitis. Selalu jaga kondisi kesehtan anda dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi dan gizi yang seimbang, berolahraga rutin, dan istirahat yang cukup dan semoga Bermanfaat !

Baca Juga : Obat Bronkitis Kronis Tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Obat Flek Paru Paru All Left Reserved. Privacy Policy Frontier Theme