Perbedaan Gejala Flek Paru Paru Anak Dan Dewasa

Penyakit Flek Paru Paru atau disebut dengan Penyakit Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman M. Tuberculosis. Kuman ini masuk ke tubuh melalui udara ke saluran napas. Tidak semua orang yang terinfeksi kuman ini menderita penyakit TB.

Hal ini tergantung pada daya tahan tubuh seseorang. Jika seseorang memiliki daya tahan tubuh yang kuat, maka kuman TB tidak akan berkembang. Namun jika daya tahan tubuh lemah, kuman TB dapat berkembang menjadi penyakit TB.

Tidak hanya pada usia dewasa, anak-anak juga dapat mengalami penyakit TB. Faktor risiko TB pada anak-anak diantaranya :

  • Terpapar dengan pengidap TB dewasa, misalnya anggota keluarga atau pengasuh anak.
  • Anak yang berusia kurang dari 4 tahun.
  • Anak usia remaja.
  • Kondisi sosio-ekonomi rendah.
  • Kondisi lingkungan dan tempat tinggal yang tidak sehat.
  • Adanya kondisi yang menyebabkan penurunan daya tahan tubuh anak, seperti anak dengan HIV/AIDS, gizi buruk, diabetes, dan penyakit kronis lainnya.

TB Pada Anak VS TB Pada Orang Dewasa

Penyakit TB sebagian besar terjadi pada paru-paru. Pada orang dewasa, gejala penyakitTV cukup mudah dikenali dan di diagnosis. Gejala TB pada dewasa meliputi batuk berdahak lebih dari dua minggu, batuk darah, demam, keringat dingin pada malam hari, penurunan nafsu makan dan berat badan, sesak nafas, nyeri dada dan perbesaran kelenjar getah bening.

Berbeda dengan orang dewasa, gejala TB pada anak lebih sulit dikenali karena terkadang gejala TB pada anak kurang jelas. Hal ini terutama pada anak yang masih berusia kurang dari 7 tahun. Gejala TB yang paling sering ditemukan pada anak adalah batuk dan sesak napas. Selain itu, gejala yang cukup sering terjadi pada anak dengan TB adalah berat badan yang kurang sehingga anak mengalami gizi kurang atau gizi buruk. Berat badan pada anak dengan TB sulit naik, bahkan setelah beberapa bulan dilakukan upaya peningkatan berat badan.

Gejala-gejala lain yang dapat terjadi pada anak dengan TB adalah demam tanpa sebab yang jelas, pembesaran kelenjar getah bening pada leher, ketiak, dan selangkangan, serta pembengkakan tulang atau sendi pada panggul, lutut, dan jari.

Penanganan TB pada Anak

Jika anak Anda mengalami gejala di atas, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, jika ada anggota keluarga atau pengasuh anak yang mengalami penyakit TB, Anda juga harus memeriksakan anak ke dokter. Berbeda dengan orang dewasa, pemeriksaan dahak untuk diagnosis TB pada anak sangat sulit dilakukan – ini terjadi karena biasanya anak kesulitan untuk mengeluarkan dahaknya.

Oleh karena itu, dokter akan melakukan pemeriksaan tes mantoux pada kulit dan foto rontgen dada untuk membantu diagnosis TB pada anak. Jika anak Anda terbukti mengalami TB, maka dokter akan melakukan pengobatan TB pada anak Anda. Jika anak Anda tidak terbukti mengalami penyakit TB namun ada anggota keluarga atau pengasuh yang mengalami penyakit TB, maka dokter akan memberikan obat untuk pencegahan TB pada anak Anda.

Demikianlah informasi mengenai Perbedaan Gejala Flek Paru Paru Anak Dan Dewasa , untuk Anda yang saat ini memiliki keluarga, saudara, kerabat yang terkena penyakit flek paru-paru atau TB dan sedang mencari pengobatan herbal untuk mengobatinya, Anda bisa mencoba menggunakan produk kami. Produk kami merupakan produk herbal yang memiliki khasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang menyerang paru-paru. Dan produk yang kami maksud ini bernama Cordyceps Plus Capsule. Untuk info selengkapnya silahkan klik Obat Flek Paru Paru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Obat Flek Paru Paru All Left Reserved. Privacy Policy Frontier Theme